Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

Cara Mengobati Vertigo-, Vertigo adalah jenis penyakit yang sangat erat hubungannya dengan gangguan pada aliran darah yang menuju ke otak yang mana si penderita akan merasa seolah-olah lingkungan disekitar berputar atau melayang (pusing). Kondisi ini bisa membuat penderitanya kehilangan keseimbangan, sehingga kesulitan untuk berdidir atau bahkan berjalan.

Vertigo bukan gangguan serius, tapi bisa menyebabkan beberapa keadaan kritis dimana penderita mungkin jatuh. Vertigo ini menyerang secara tiba-tiba dan bisa jadi berbahaya jika anda sedang mengemudi, dapat mengakibatkan kecelaaan.

Gejala Vertigo

Gejala awal vertigo kebanyakan orang menyebutnya dengan pusing, namun penyakit vertigo memiliki sensasi rasa pusing yang khas. Ada yang menyebutnya denagn puyeng, pusing tujuh keliling dan lain sebagainya. Gejala lain dari vertigo adalah kehilangan keseimbangan. Berikut adalah gejala-gejala penyakit vertigo :

  1. Terjadi Gangguan Pendengaran

Orang yang mengalami vertigo biasanya akan mengalami gangguan pendengaran atau berkurangnya indra pendengaran, hal ini karena penyebab vertigo adalah terjadinya peradangan pada telinga bagian dalam.

  1. Sakit Kepala Sebelah

Jika anda mengalami sakit kepala sebelah yang sangat parah, anda harus waspada. Karena gejala vertigo yang satu ini sering kali disepelekan sebagai sakit kepala sebelah biasa (migrain). Jika dibiarkan, sakit kepala sebelah ini dapat mengganggu aktivitas anda.

  1. Rasa Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah gejala dari vertigo. Gejala yang satu ini bisa beresiko terhadap kehehatan lambung, lambung yang sering mengalami mual dan muntah dapat mengganggu kesehatan lambung dalam melakukan pengolahan makanan, dan penderita akan kehilangan nafsu makan.

  1. Nafsu Makan Menurun

Penderita vertigo akan kehilangan nafsu makan. Jika penderita tidak makanan secara tepat, maka seseorang penderita vertigo dapat terjangkit penyakit lainnya yang dapat menyerang tubuh.

  1. Sulit Beraktivitas Dengan Normal

Mobilitas terganggu akibat dari gangguan gerak, lihat, dan dengar yang dialami oleh penderita saat penyakitnya kambuh. Itu sebabnya penderita vertigo disarankan untuk mengurangi aktivitas mengungat gangguan tersebut bisa membahayakan anda sewaktu-waktu ketika vertigo tersebut kambuh.

Baca Juga: Cara Mengobati Bronkitis Dengan Alfalfa

Dengan mengetahui gejala-gejaka awal vertigo, setidaknya anda bisa melakukan tindakan cepat untuk mengatasinya.

Penyebab Vertigo

Vertigo biasanya disebabkan oleh terjadinya peradangan pada telinga bagian dalam. vertigo terkadang diikuti dengan kehilangan pendengaran, penyebab paling sering adalah infeksi vrial atau bakteri. Berikut beberapa penyebab vertigo.

  1. Gangguan Telinga Bagian Dalam

Kasus vertigo biasanya terjadi ketika penderita tiba-tiba mengubah posisi kepala, seperti ketika bangun atau berdiri dengan cepat. Vertigo ini diakibatkan oleh adanya masalah yang terjadi di telinga bagian dalam. Rasa pusing akibat vertigo biasanya menghilang beberpa menit. Gejala ini dipicuoleh perubahan posisi kepala ketika tidur, berbaring atau dududk di tempat tidur. Perderitanya mungkin mengalami ketidakseimbagan ketika berdiri atau berjalan.

  1. Sistem Saraf Pusat

Sistem saraf pusan berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan sistem saraf pusat diakibatkan oleh penyakit multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

  1. Peradangan atau infeksi akibat virus atau bakteri

Infeksi virus atau peradangan seperti pilek, flu atau peradangan lainnya dapat mempengaruhi telinga bagian dalam sehingga dapat menyebabkan vertigo.

  1. Masalah Pengelihatan

Mata berfungsi membantu manusia dalam menyeimbagkan tubuh, sehingga jika ada masalah pada pengelihatan, maka dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan tubuh dan memicu penyakit vertigo.

  1. Penyakit Meniere

Penyakit ini menyebabkan telinga bagian dalam kelebihan  cairan yang mempengaruhi keseimbangan pada telinga. Rasa pusing dapat berlangsung selama 30 menit atau bankan lebih.

  1. Migrain

Jangan menganggap migrain dengan sepele, karean migrain selain menyebabkan sakit kepala juga dapat mempengaruhi pengelihatan. vertigo yang disebabkan oleh migrain bisa berlangsung beberapa menit bahkan hingga berhari-hari.

Namun bukan berarti rasa pusing atau perasaan berputar merupakan penyakit vertigo. Tapi bisa saja dikarenakan tekanan darah rendah.

Bahaya Vertigo

Vertigo tidak bisa dinggap sepele, karena bahaya dapat mengancap jiwa. Jika anda mengalami vertigo segeralah lakukan pengobatan, karena jika dibiarkan dapat berbahaya dan beresiko terkena penyakit akut, sehingga sulit untuk di sembuhkan. Berikut adalah beberapa bahaya vertigo.

  1. Kehilangan Nyawa

Kondisi ini terjadi ketika si penderita sedang mengemudi. Serangan vertigo yang tiba-tiba saat penderita sedang mengemudi akan menyebabkan penderita mengalami gangguan konsentrasi. jika kondisi ini diteruskan maka akan mengancam nyawa penderita dan orang lain disekitarnya.

  1. Kehilangan Pendengaran

Vertigo disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Infeksi yang terajdi pada bagian telinga bagian dalam dapat menyebabkan kerusakan organtelinga sehingga penderita kehilangan pendengarannya secara permanen. Kondisi ini yang harus diwaspadai oleh setiap penderita vertigo.

  1. Menyebabkan Pengakit Lain

Menurut ahli vertigo sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan gejala yang timbul akibat sebuah penyakit tertentu yang berhubungan dengan otak dan telinga. Biasanya vertigo juga menjadi penyebab awal tumor otak. Munculnya tumor otak ini dapat berupa adanya peyebab sakit kepala yang berkepanjangan.

  1. Beresiko Terkena Stroke atau Masalah Otak

Gangguan yang terletak pada daerah syaraf kepala dapat menimbulkan resiko lain seperti ketidakseimbangan tubuh. Jika ketidakseimbangan tubuh berlangsung lama atau jika vertigo tidak ada koordinasi pada salah satu bagian tubuh anda, maka dapat beresiko terkena stroke atau masalah otak lainnya.

Bahaya-bahaya tersebut akan muncul jika anda tidak segera megobati vertigo, maka dari itu jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini. Segeralah periksakan jiga anda mengalami vertigo agar tidak terjadi bahaya tersebut.

Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

Seperti yang telah saya singgung tadi, vertigo sebenarnya bukan sebuah penyakit tetapi gejala dari penyakit tertentu. Karena itu untuk mengatasi vertigo tergantung dari penyakit yang menyebabkan timbulnya vertigo pada seseorang. Biasanya vertigo juga bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Hal ini terjadi mungkin karena otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam.

Ada juga yang membutuhkan langkah pengobatan khusus untuk beberapa penyebab vertigo. Diantaranya adalah :

  • Manuver Epley untuk menangani Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (BBPV)
  • Obat-obatan seperti prochlorperazine dan antihistamin. Namun obat-obatan tersebut hanya efektif untuk tahap awal.
  • Terapi rehabilitasi vestibural, terapi ini guna membantu otak dalam beradaptasi dengan sinyal yang membingungkan dari telinga yang menyebabkan vertigo.

Itulah beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk menangani vertigo.

Sumber: http://obattipesherbalalami.com

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *