Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi-, Didalam gigi ada yang namanya pulpa gigi yang terdiri dari jaringan, pembulih darah dan juga saraf-saraf sensitif. Sakit gig bisa menyerang ketika terjadi peradangan apada pulpa, terkadang peradangan tersebut cukup parah dan menyebakan linu, nyeri dan bahkan terjadi pembengkakan disekitar gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Peradangan biasanya terjadi yang diakibat oleh beberapa faktor seperti penumpukan nanah pada dasar gigi yang terjadi akibat infeksi bakteri (abses periapikal), gigi berlubang dan gigi yang terjepit antara gigi lainnya ketika tumbuh . Mereka yang mengalami gigi berlubang mengalami gejala seperti nyeri pada sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala dan bankan sampai demam. Selain itu kemunculannya rasa nyeri bisa kambuh dan hilang secara berulang atau secara terus-menerus.

Gejala Sakit Gigi

Sakit gigi memang seperti tampak ringan, namun sebenarnya bisa menjadi penyakit yang sangat menggganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit sering kali terasa ketika penderita makan atau minum, terutama saat makan atau minum yang panas atau dingin.

Baca Juga Obat Tipes Disini

Rasa sakit biasanya menjalar area sekitar gigi, kuping, pipi dan tergantung dari penyebab serta kondisinya. Berikut gejala yang muncul ketika mengalami sakit gigi diantaranya :

  1. Rasa Ngilu Ketika Makan atau Minum yang panas atau dingin

Jika anda mulai sensitif saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas maupun dingin. Gigi terasa ngilu saat maknanan atau minuman menyentuh gigi anda, Anda harus menghindari makanan atau minuman yang panas atau dingin.

  1. Terjadi Pendarahan pada gusi atau gigi

Ketika anda menyikat gigi terlihat darah? waspdalah karena ini merupakan salah satu gejala sakit gigi yang paling sering terjadi. Biasanya ketika sudah terjadi pendarahan, maka akan terjadi peradangan pada gusi dan kemudian akan menyebakan rasa sakit yang tajam jika dibiarkan terus-menerus.

  1. Merah Pada Gusi

Gejala sakit gigi biasanya ditandai dengan warna merah pada gusi, warna kemerahan ini menyerupai darah dan tidak biasa.

  1. Nyeri Saat Mengunyah

Nyeri saat anda mengunyah makanan bisa jadi merupakan gejala awal sakit gigi. Untuk itu anda perlu waspada dan segera mengobatinya agar tidak terjadi sakit gigi yang leboh parah.

  1. Nyeri Rahang dan Telinga

Rasa sakit pada telinga juga bisa merupakan gejala sakit gigi. hal ini dikarenakan rasa sakit gigi yang telah menyebar kebagian rahang dan telinga. nyeri telinga dan rahang secara bersamaan bsia menyebabkan rasa sakit kepada kepala.

Beberapa Gelaja diatas jagan di anggap remeh, jika anda merasakan rasa sakit seperti diatas segeralah obati, jika anda tidak melakukan perawatan yang baik pada gigi anda, maka bisa tumbul masalah kesehatan lainnya.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi terjadi ketika pulpa mengalami peradangan. Pulpa gigi merupakan lapisan terdalam dari gigi yang terdiri dari darah dan saraf-saraf sensitif. Berikut penyabab terjadinya sakit gigi antara lain :

  1. Infeksi Gusi

Infeksi gusi biasanya di tandai dengan terlihatnya warna merah di gusi dan membengkak. Infrksi gusi atau radang yang ringan dikenal degan gingivitis.

  1. Gigi yang patah

Benturan pada gigi yang menyebabkan gigi patah atau retak memnyebabkan terjadinya sakit gigi. Patahnya gigi bisa meliputi mahkota gigi mapupun sampai pada bagian akar gigi didalam gusi.

  1. Erosi Gusi

Hal ini disebabkan oleh perilaku menyikat gigi yang tidak tepat, dan berakibat gusi menjadi surut atau erosi sehingga akar gigi menjadi keliatan dan terbuka. kondisi ini menyebabkan gigi menjadi sebsitif terhadap makanan atau minuman yang panas maupun dingin.

  1. Abses Pada Gigi

Hal ini terjadi karena maknanan yang di kunyah terdorong kedalam gusi. Sisa makanan yang berada dalam gusi akan menyebabkan infeksi dan dapat menimbulkan muncuknya nanah dari tempat abses.

  1. Sinus

Umumnya sakit gigi karena sinus biasanya muncul pada bagian atas, Sakit gigi karena hal ini terjadi hanya pada satu gigi.

Hal ini penting untuk anda ketahui karena dengan mengetahui penyebabnya akan membantu kita mencegan terjadinya sakit gigi.

Bahaya Sakit Gigi

Kebanyakan orang sering meremehkan sakit gigi karena tidak mengetahui bahaya yang timbul akibat sakit gigi. Bahaya sakit gigi bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki masalah pada gigi yang rusak. Hal ini terjadi karena serangan kuman dan bakter pada gigi, sehingga menyebabkan berlubangnya gigi, infeksi gigi atau gusi, peradangan, infeksi pembuluh darah pada gigi, kerusakan saraf dan bahaya sakit gigi lainnya.

Berikut beberapa bahaya sakit gigi :

  1. Infeksi Pembuluh Darah

Kondisi ini disebabkan oleh kuman, bakteri dan kotoran yang berasal dari gigi yang berlubang dapat masuk dan menginfeksi ke dalam pembuluh darah. kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menggangu kelancaran peredaran darah dan juga bisa menyebar ke seluruh tubuh.

  1. Ganguan Pada Saraf Gigi

Sakit gigi yang berlubang bisa menyebabkan bahaya lainya yang tidak membuat nyaman bagi tubuh anda. Hal ini meperngaruhi kondisi saraf pada gigi anda. Terdapat kemungkinan saraf gigi anda akan menjadi rusak atau mati. sehingga dapat menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan juga menyebabkan kondisi saraf lainnya menjadi terpengaruh.

  1. Radang Pada Gigi Bisa Menyebar ke Organ Lainnya

Sakit gigi dapat menyebakan munculnya peradangan pada gigi. Munculnya peradangan bisa menyebar ke organ lainnya seperti organ ginjal dan juga paru-paru. Peradangan ini sangat berbahaya karena akan menyebabkan gangguan fungsi dari organ yang pastinya menjadi tidak optimal.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Ada banyak obat untuk mengobati sakit gigi yang tersebar apotek. Tapi saya akan memberikan pengobatan secara tradisional atau alami. Berikut cara mengatasi sakit gigi dengan bahan alami :

  1. Air Garam

Cara mengatasi sakit gigi bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Anda cukup dengan mencampurkan air satu gelas dengan garam secukupnyya sekitar 1 sendok makanan, kemudian kumur-kumur selama beberapa detik lalu buang.

  1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh ini bisa anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas kemudian gigit agar berada di tempat yang sakit.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki antiseptik yang cukup tinggi untuk membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi. Cara melakukannya dengan kupas satu siung bawang puting terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Kemudian tempelkan di area gigi yang sakit selama 3 menit.

Coba lihat: Cara Mengobati Jantung Lemah Secara Herbal Alami

Pengobatan juga bisa dilakukan melalui dokter, dokter akan menentukan cara apa yang akan digunakan sesuai dengan penyebab sakit gigi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *