Cara Mengobati Insomnia Lengkap Dengam Gejala dan Penyebabnya

Cara Mengobati Insomnia

Cara Mengobati Insomnia,- Susah tidur atau sering disebut juga dengan insomnia yang pada umumnya banyak dialami oleh masyarakat. Keadaan yang terlihat sangat sepele tetapi apabila terus dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Insomnia lebih banyak dialami oleh orang yang mempunyai rutinitas dan mobilitas tinggi, hal ini berkaitan dengan kerja otak dan juga kondisi pikiran. Bagi orang yang sering mengalami stress dapat kemungkinan besar akan terkena insomnia. Menurut Wikipedia, pengertian insomnia adalah gejala kelainan pada saat tidur yang berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur meskipun ada kesempatan untuk itu.

Cara Mengobati Insomnia Lengkap Dengam Gejala dan Penyebabnya

Sementara itu, penyebab insomnia yang paling banyak adalah disebabkan oleh adanya suatu jenis penyakit yang sedang menyerang, atau bisa juga diakibatkan oleh masalah psikologis. Pengobatan insomnia secara medis dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa macam jenis terapi, seperti dengan terapi kognitif. Bukan hanya itu, insomnia juga dapat diatasi dengan cara yang alami dan terbukti sangat efektif.

Gejala Insomnia

Bagi penderita yang mengalami kesulitan tidur, atau sering terbangun pada malam hari dan merasa lelah di ke esokan harinya. Proses awal pada orang dengan insomnia, dapat mengacu pada kebiasaan lama waktu akan tidur hingga waktu tidur. Dan untuk penyakit insomnia ini, pada penderita mungkin saja akan mengeluh dan merasa cemas, tegang, atau terlalu banyak mengingat masalah pada masa lalu atau dimasa depan yang akan datang secara terus menerus sambil berbaring di tempat tidur dan mata tidak bisa tidur.

Baca Artikel Lainnya : Cara Mengobati Hepatitis Dengan Ekstrak Teripang EmasObat Kanker Darah Sarang SemutCara Mengobati Bronkitis Mudah dan Cepat

Insomnia akut mungkin dapat dipicu oleh kejadian seperti penyakit atau kematian dari orang-orang yang dicintai. Dan dapat dikaitkan dengan onset insomnia. Pola insomnia ini mungkin saja dapat disembuhkan dari waktu-ke waktu, dan penderita akan mengalami insomnia secara terus-menerus. Semakin besar usaha untuk mencoba agar bisa tidur, maka nantinya akan lebih sulit untuk tidur. Setiap menit melihat jam hanya dapat meningkatkan kesulitan untuk bisa tertidur. Tempat tidur pun akhirnya dapat dilihat sebagai tempat yang sangat sulit untuk tidur, dan justru dapat tidur lebih mudah pada tempat yang asing.

Berikut adalah gejala dari insomnia :

  • Sangat sulit untuk tidur, atau tidak bisa menutup mata.
  • Dapat mudah tertidur, namun bangun terlalu awal dan tidak bisa tidur kembali.
  • Sering terbangun di tengah malam, sehingga mengantuk pada keesokan harinya.

Penyebab Insomnia

Stress yang berlebih

Stress yang berlebih sebenarnya tidak baik dan akan berdampak buruk pada kualitas tidur seseorang. Stress ini bisa menyangkut hubungan dengan diri sendiri, hubungan sosial ataupun hubungan kerja. Semua masalah yang ada sebaiknya dijalani dengan santai dan tenang jangan tergesa-gesa, jika apabila anda merasa selalu gelisah dan terlanjur memikirkannya maka stress berat akan datang menghampiri dan menyerang anda.

Pola hidup yang berubah drastis

Dalam pola hidup ini maksudnya adalah kebiasaan anda dalam menjalankan sebuah aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti sering mengkonsumsi makanan yang cepat saji, malas untuk berolahraga, kebiasaan merokok, minum alkohol, makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein. Semua ini dapat mengakibatkan adanya masalah yang bisa mengganggu kualitas tidur anda jika tidak diperbaiki dengan cara menyeimbangkan aspek-aspek tersebut.

Suasana tidur yang tidak tenang

Kadang tubuh merasa lelah, keadaan pun telah mengantuk tetapi entah kenapa mata susah untuk dipejamkan. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh faktor suasana tidur yang akan membuat kita susah untuk memejamkan mata, dan dapat juga diakibatkan oleh tempat tidur yang tidak nyaman, kondisi sekitar yang kotor atau memang pikiran kita terbawa tentang hal-hal yang membuat kita jadi tidak tenang sehingga tidak bisa memulai tidur dengan baik.

Baca Juga: Obat Tipes

Dan semua penyebab yang ada di atas adalah cara untuk menyembuhkan insomnia ini dengan cara merubah pola hidup buruk dan diganti dengan pola hidup yang sesuai/sehat, seperti olahraga secara teratur, berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkafein dan cobalah ganti dengan makanan yang mengandung gizi. Bukan hanya itu, cobalah anda untuk tenang dalam menghadapi sebuah masalah yang menghampiri diri anda karena biasanya faktor penyebab adanya insomnia sering didominasi oleh faktor pikiran sehingga akan membuat diri anda akan menjadi gelisah dan terganggu kualitas tidur tersebut.

Bahaya Insomnia

Kinerja Rendah

Dengan adanya gangguan tidur, otomatis waktu akan berkurang. Akibatnya, dengan kurangnya waktu tidur, suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun akan menjadi berkurang. Bagi orang yang kekurangan oksigen akan selalu menguap dan mudah mengantuk, terutama pada siang hari. Dengan demikian mereka tidak bisa bekerja secara optimal. Hasil kinerja akan menjadi lebih rendah, baik pada pekerjaan ataupun prestasi di sekolah atau di kampus.

Apabila hal ini terjadi sekali dua kali, mungkin tidak terlalu jadi masalah. Dan jika terjadi terus-menerus akibatnya sudah jelas. Prestasi di sekolah atau di kampus dapat menurun. Prestasi kerja juga tidak bisa meningkat. Pelajar atau mahasiswa bisa ketinggalan pelajaran. Sementara bagi pekerja, dapat terjadi karena prestasi kerjanya yang menurun, akan terlewatkan dari promosi maupun kenaikan tingkat. Dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan PHK atau pemutusan hubungan kerja.

Konsentrasi Rendah

Orang yang mengalami gangguan tidur dan pagi harus memulai aktivitas tentu tidak bisa berkonsentrasi dan tidak fit seperti mereka yang tidak mengalami gangguan tidur. Akibatnya, dalam keadaan mengantuk segala sesuatu akan direspon dengan lambat oleh tubuh dan pikiran. Dan jika dia harus mengendarai kendaraan tentu ini akan sangat berisiko kecelakaan di jalanan. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan supir mengantuk akibat kurang tidur pada malam harinya.

Selain itu, mereka yang harus mengoperasikan mesin-mesin produksi, dalam keadaan mengantuk akibat gangguan tidur atau insomnia ini, bisa juga mengakibatkan terjadinya kekeliruan intruksi yang dapat memicu kecelakaan kerja. Jika sudah demikian, bukan hanya membahayakan dirinya sendiri, tetapi juga orang lain.

Mengatasi Insomnia

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi semua orang untuk segera mengatasi masalah insomnia tersebut. Jika insomnia tersebut diakibatkan oleh masalah psikologis, temuilah psikolog. Selesaikan permasalahan yang menjadi beban pikiran hingga sulit untuk tidur. Jangan menyepelekan akibat dan bahayanya insomnia. Orang yang dalam keadaan mengantuk tentunya dapat memicu benyak terjadi kesalahan dibandingkan dengan mereka yang berkondisi prima.

Memperburuk Kondisi Kesehatan Tubuh. Akibat kurang tidur juga sangat buruk bagi kesehatan tubuh anda. Berbagai macam penyakit akan menghampiri anda seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes.

Stres Yang Meningkat. Akibat yang akan muncul dari kurangnya tidur yang lain yaitu anda akan lebih sering mengalami stress, sering marah-marah yang tidak jelas dan sangat kelihatan sering murung di sela-sela waktu aktivitas sehari-hari.

Kulit Terlihat Lebih Tua. Akibat kurangnya tidur yang lain adalah dapat berdampak tidak baik untuk kulit dan mata anda. Di dalam hal ini, kulit anda akan kelihatan pucat dan kusam serta kerutan halus yang nampak pada kulit anda dan mata anda terlihat bengkak.

Apabila anda sering lupa untuk mengingat barang-barang yang anda taruh sendiri, maka pada saat hendak membutuhkan barang tersebut tidak ada karena lupa menaruhnya. Hal ini bisa disebabkan karena anda tidur pada malam hari.

Munculnya obesitas. Akibat tidur yang lain yaitu obesitas tau kelebihan berat badan. Dan pada saat kita terbangun yang terjadi pada malam hari, maka perut kita akan ada peningkatan rasa lapar yang selalu saja ingin tersalurkan yang dapat menimbulkan adanya obesitas atau kegemukan dengan berat badan yang berlebih dari ukuran  yang ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *