Cara Mengobati Bronkitis Dengan Alfalfa

Cara Mengobati Bronkitis Dengan Alfalfa

Cara Mengobati Bronkitis Dengan Alfalfa,- Bronkitis termasuk kondisi penyakit pada gangguan pernapasan. Penyakit Bronkitis merupakan suatu keadaan seseorang mengalami infeksi pada saluran pernapasan utamanya paru-paru. Paru-paru atau bronkus ialah saluran masuk dan keluarnya udara dari paru-paru. Umumnya bronkitis dapat mempengaruhi seseorang dalam segala usia, mulai dari bayi, anak-anak, dewasa, maupun orang lanjut usia.

Cara Mengobati Bronkitis Dengan Alfalfa

Secara umum bronkitis terbagi menjadi dua jenis, yaitu akut dan kronis. Kondisi akut ialah infeksi saluran pernapasan paling umum terjadi dan sering menyerang anak berusia dibawah 5 tahun. Sedangkan bronkitis kronis adalah kondisi infeksi paru-paru dengan bertahan lama hingga bertahun-tahun. Bronkitis kronis ini sering terjadi pada seseorang yang sudah dewasa diatas 40 tahun.

Penyebab Dan Gejala Bronkitis

Paru-paru merupakan saluran masuk dan keluarnya udara ke dalam bronkus. Salah satu penyebab bronkitis kronis yang sangat umum terjadi ialah orang dengan kesehariannya merokok. Pada setiap isapan rokok tersebut sangat berpotensi besar dalam kerusakan bulu-bulu didalam paru-paru. Selain itu bronkitis kronis juga dipicu oleh lingkungan yang tidak sehat. Dan pada umumnya, bronkitis akut disebabkan oleh suatu virus. Virus tersebut terdapat jutaan tetesan yang keluar dari hidung dan mulut ketika batuk atau bersin.

Baca Juga: Cara Menurunkan Trigliserida dengan Cepat dan Aman

Salah satu gejala penyakit bronkitis adalah batuk kering, akan tetapi batuk tersebut kemungkinan bisa mengeluarkan lendir kental berwarna kuning keabu-abuan. Berikut gejala lain yang sering muncul pada penyakit bronkitis, antara lain :

– Mengalami sesak napas dan tenggorokan sakit
– Merasa lelah dengan terasa demam dan menggigil
– Sakit kepala sehingga hidung tersumbat
– Tubuh terasa nyeri

Tanda atau Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala seperti diatas tersebut mungkin tidak terlalu parah, namun gejala ini mirip sekali dengan gejala pada penyakit pneumonia. Gejala kronis pada bronkitis biasanya akan memperburuk tubuh pada saat cuaca dingin dan kering. Jika anda menderita penyakit paru-paru kronis, berikut adalah gejala yang biasanya muncul pada bronkitis kronis dan akut.

-Batuk dan timbul mengi
-Memproduksi lendir berwarna kuning, hijau dan keabu-abuan
-Infeksi dada dan merasa kelelahan
-Sesak napas dan dada merasa tidak nyaman

Bronkitis kronis sangat kerap ditandai dengan adanya batuk produktif yang bisa bertahan tiga bulan dan dapat muncul kembali selama 1 sampai 2 tahun berturut-turut.

Pola makan dan gaya hidup tidak sehat merupakan hal utama dalam penyebaran dan pemicu berbagai macam penyakit. Penyakit bronkitis bisa mengganggu sistem kinerja saluran pernapasan paru-paru. Bronkitis merupakan inflamasi saluran bronkus yang merupakan saluran utama yang slalu dialiri udara sebelum ke paru-paru. Bronkitis ini sebabkan penderita batuk berdahak yang tebal dengan disertai warna kuning kehijauan. Dengan gejala lain bronkitis dapat berupa demam, pusing, dan kelelahan. Paru-paru adalah organ yang bersifat vital bagi kehidupan manusia yang terdiri dari bronkus bagian kanan dan bronkus bagian kiri.

Tercatat penyakit bronkitis menduduki peringkat kelima sebagai penyebab terbanyak. Suatu penyebab ini sebenarnya dikarenakan oleh adanya suatu peningkatan polusi udara dari bidang industri ditambah polusi akibat asap. Bronkitis ialah peradangan pada salah satu bronkus dan mengakibatkan permukaan bronkus menebal dan bengkak. Biasanya bronkitis bersifat ringan, namun pada akhirnya bisa mengganggu jika disertai kesulitan bernapas, sesak dada dan batuk berkepanjangan. Berdasarkan penyebab dan gejala yang dirasakan penderita bronkitis terbagi menjadi dua, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis.

2 Jenis Penyakit Bronkitis

-Bronkitis Akut
Bronkitis Akut merupakan kondisi peradangan dalam bronkus yang disebabkan infeksi dan iritasi pernapasan. Pada bronkitis akut ini sering ditandai dengan adanya batuk berdahak juga tidak berdahak yang bisa berlansung kurang dari 5 minggu.

-Bronkitis KronisBronkitis Kronis ialah salah satu kondisi penderita mengalami peradangan akibat infeksi yang hebat akibat bronkitis akut. Peradangan bronkus yang mencakup waktu lama secara terus menerus akan berakibat bahaya komplikasi pada tubuh dengan ditandai batuk berdahak disertai darah.

Penyebab bronkitis disebabkan oleh berbagai infeksi dan iritasi yang menyebar pada saluran pernapasan. Bronkus ialah saluran sistem pernapasan yang membawa udara menuju paru-paru. Secara umum, inilah penyebab penyakit bronkitis.

-Infeksi saluran pernapasan oleh virus influenza A dan B, adenoviru, rhinovirus dan lainya.
-Infeksi saluran oleh bakteri streptococcus pneumoniae, moraxella catarrhalis dan chlamydia pneumoniae.
-Kebiasaan mengisap rokok
-Lingkungan udara dan paparan polusi asap kendaraan, asap pabrik, bahan kimia dan kebakaran hutan.

Itulah beberapa penyebab yang ditimbulkan bronkitis pada seseorang. Bahaya komplikasi bronkitis paling umum terjadi ialah pneumonia. Suatu komplikasi dimana infeksi dan virus menyebar jauh kedalam paru-paru. Sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru-paru terisi cairan. Penderita yang memiliki peningkatan risiko pneumonia adalah pada kondisi ini.

-Orang tua yang merokok aktif
-Orang dengan kondisi sistem kekebalan tubuhnya melemah
-Orang yang memiliki kondisi kesehatan jantung, ginjal dan hati

Beberapa kasus inilah yang dapat memberikan bahaya komplikasi penyakit pneumonia atau paru-paru basah. Itulah pembahasan mengenai bronkitis yang dapat ada ketahui sejak dini.

Cara Mengobati Bronkitis Dengan Alfalfa

Bronkitis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Dimana infeksi terjadi pada saluran utama dari paru-paru yang menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran yang terinfeksi tersebut. Inflamasi tersebut kemudian dapat menyebabkan bengkak pada permukaan, menimbulkan sekresi dari cairan inflamasi dan mempersempit ruang pembuluh.

Gejala penyakit bronkitis :

Sesak napas
Batuk-batuk disertai lendir kuning hijau atau keabu-abuan
Sakit tenggorokan
Hidung tersumbat dan ingusan
Demam tinggi
Terasa tidak nyaman dan sakit pada dada
Kelelahan.

Umumnya, penyebab utama seseorang mengidap bronkiris ialah karena kebiasaan merokok . Karena setiap isapan rokok berpotensi merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru. Yang kemudian lama kelamaan, kandungan asap rokok juga bisa menyebabkan kerusakan permanen pada lapisan dinding bronkus. Jika hal itu telah terjadi, maka kotoran tidak bisa keluar dan dibuang dengan normal. Melainkan, lendir dan kotoran yang menumpuk dalam paru-paru tersebut, dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih rentan terkena infeksi. Bronkitis akut juga dapat berasal dari infeksi paru-paru yang kebanyakan disebabkan oleh virus.

Adapun beberapa tips alami untuk pengobatan bronkitis dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah :

  • Istirahat yang cukup
  • Minum air putih yang banyak
  • Makan buah nanas dan minum teh jahe
  • Minum campuran madu dan lemon
  • Penguapan
  • Makan sup hangat
  • Berkumur dengan air garam

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami penyakit bronkitis ini. Kami sarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan tanaman jenis Alfalfa. Alfalfa ialah sejenis kecambah yang aman dan sangat dianjurkan bagi para penderita bronkitis. Kandungan yang terdapat dalam jenis kecambah alfalfa ini diketahui begitu bagi untuk sistem pernapasan. Alfalfa dapat memudahkan sistem pernafasan dan melancarkan aliran oksigen menuju paru-paru. Dengan begitu, bagi Anda penderita bronkitis. Lebih rutinlah untuk mengonsumsi kecambah alfalfa ini sebagai upaya untuk pengobatan bronkitis Anda.

Itulah sekilas artikel mengenai penyakit bronkitis, gejala penyakit bronkitis dan penyebab penyakit bronkitis. Serta upaya pengobatan penyakit bronkitis dengan memanfaatkan tanaman alami alfalfa. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://obattipesherbalalami.com

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *