Cara Mengobati Biduran Secara Alami

Cara Mengobati Biduran Secara Alami-, Apa sih biduran? Biduran atau dalam bahasa medis disebut urtikaria adalah gangguan kulit yang ditandai dengan benjolan atau bentolan berwarna merah yang terasa gatal. Benjolan ini bisa muncul dimana saja atau menyebar ke tubuh lainnya. Anggota tubuh yang sering terkena adalah dibagian wajah, badan, lengan atau kaki.

Cara Mengobati Biduran Secara Alami

Biduran atau urtikaria ini dibagi menjadi dua yaitu akut dan kronis. Urtikaria akut muncul dalam kurang dari enam bulan. Sedangkan urtikaria kronis dialami lebih dari enam bulan atau sering kambuh selama beberapa bulan bahkan tahun. Urtikaria krinis bisa saja merupakan gejala dari penyakit lain yang sedang di derita, misalnya penyakit tiroid atau lupus.

Gejala Biduran

Biduran hampir dipastikan muncul akibat alergi, seperti bahan makanan, bulu binatang, udara panas atau dingin. Biduran merupakan kondisi umum yang dialami oleh semua orang pada segala usia. Namun biduran biasanya lebih sering dialami oleh wanita pada usia diatas 30 tahun. Selain itu orang yang memiliki alergi lebih tinggi terkena biduran. Ketika biduran terjadi bilur atau ruam tidak hanya terasa gatal akan tetapi bisa terasa menyengat dan perih. Lalu apakah gejala biduran?

Berikut gejala biduran, diantaranya :

  1. Bercak Kemerahan

Gejala utama yang sering terlihat adalah bercak merah, dan istilah lain yang sering digunakan adalah ruam atau bilur. Ini karena adanya bentol atau benjolan yang muncul pada bagian permukaan kulit. Ukuran ruam atau betol tidak sama antara satu dengan yang lain dan kemunculannyapun berkelompok.

  1. Gatal-gatal

Rasa gatal ini muncul dengan disertai dengan ruam, apalagi jika penyebabnya adalah alergi. Alergi ini bisa disebabkan oleh berbagai bentuk seperti polutan atau makanan yang menyebabkan gatal pada kulit. Rasa gatal ini juga tidak sembarangan karena berbeda dengan gatal-gatal biasa dimana akan ada sensasi panas dan menusuk.

  1. Muncul Bentolan Baru Setelah Digaruk

Jika anda menggaruk ruam, maka akan muncul bentolan-bentolan baru. Memaang awalnya bentolan tersebut hanya muncul sedikit, namun kemudian dapat bertambah satu per satu. Pada dasarnya, penyebaran atau munculnya bentolan baru dalah satunya disebabkan oleh proses penggarukan.

  1. Benjolan Membesar

Efek dari menggaruk tadi, tidak hanya akan menambah benjolan baru yang mucul pada kulit anda namun bentolanpun bisa berubah menjadi lebih besar ukurannya. Pembesaran ini diakibatkan oleh bentolan baru yang muncul menyebar dan bergabung antara satu sama lain.

Baca Juga:  Cara Mengobati Vertigo Secara Alami

Itulah beberapa gejala bidruan yang harus anda ketahui untuk bisa mencegah menjadi lebih serius. Jika anda mengalami gejala tersebut dan biduran terasa semakin parah segeralah tangani dengan cepat.

Penyebab Biduran

Biduran berbentuk seperti kulit yang mengembang atau bentol dan menyebabkan rasa gatal yang sangat buruk. Bentolan merah tersebut menyebabkan rasa gatal, panas dan kurang nyaman. Biasanya biduran akan hilang dalam beberapa jam atau bahkan bisa lebih.  Reaksi alergi menjadi pemicu biduran, selain itu ada beberapa penyebab lainnya. Berikut ini adah beberapa penyebab biduran.

  1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi juga bisa mempengaruhi terjdinya biduran. Kebanyakan penderita biduran bisa kambuh ketika mereka mekasuki daerah dengan cuaca yang sangat panas atau sangat dingin. Biduran seperti ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dan butuh waktu sekitar beberapa jam.

  1. Obat-obatan

Penyabab biduran juga bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan. Jenis obat yang dapat memicu reaksi biduran adalah seperti aspirin, ibuprofen, dan obat pengatur tekanan darah. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang  yang telah menjalani operasi.

  1. Makanan

Biduran bisa terjadi akibat tubuh memakan makanan tertentu. Makanan yang memicu timbulnya biduran yang paling sering terjadi adalah seperti ikan laut, kerang dan telur. Makanan ini menyebabkan reaksi alergi karena senyawa tertentu yang tidak bisa dilawan oleh sel darah putih dalam tubuh.

  1. Paparan Sinar Matahari

Seseorang yang tidak biasa terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat terkena biduran dengan mudah. Paparan sinar marahari yang mengenai kulit secara langsung akan mengakibatkan rasa panas yang berlenihan. Rasa panan ini menyebabkan kulit tidak tahan dan muncul biduran.

  1. Alergi Bulu dan Debu

Biduran juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap debu dan bulu binatang. Kondisi ini biasanya berasal dari lingkungan seperti debu, serbuk dari bunga dan bulu kucing atau anjing. Biduran seperti ini biasanya akan hilang dalam waktu kurang dari 5 jam.

Itulah beberapa penyebab biduran. Sebaiknya kita hindari penyebab diatas agar tidak terkena biduran.

Bahaya Biduran

Biduran memang terlihat sangat sepele, namun jia tidak ditangani dengan segera dapat menyebabakan komplikasi. Penderita biduran dengan jangka waktu yang lama akan merasa tidak nyaman dan tubuh terasa sangat gatal akan mengganggu aktivitas sehati hari. Berikut beberapa komplikasi dari biduran, antara lain :

  1. Angioderma

Bagi penderita urtikaria akut atau kronis bisa bisa mengalami angioderma. Kondisi ini dirasakan pada lapisan kulit yang mengalami pembengkakan pada area yang lebih dalam. Biasanya kondisi ini terjadi selama 3 hari dengan gejala yang lebih parah dari biduran pada umumnya.

  1. Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang sudah pada tahap parah dan terjadi secara tiba-tiba. Gejalanya bisa berakibat fatal pada penderitanya, pembengkakan dapat terjadi dibagian tenggorokan atau leher dan dibagian wajah si penderita, sehingga menyebabkan penderita mengalami sesak nafas. Bahkan bisa beresiko pingsan karena rekanan darah yang menurun drastis.

Sekali lagi jangan pernah menganggap sepele biduran, karena penyakit apapun jika tidak diobati dapat berdampak buruk.

Cara Mengobati Biduran Secara Alami

Biduran menyebabkan ketidak nyamanan dan kulit terasa gatal, tentu itu mengganggu aktivitas sehari hari anda. Untuk mengatasi biduran anda dapat melakukan cara-cara pengobatan seperti berikut.

  1. Temulawak dan Asem

Untuk membantu menyembuhkan biduran anda bisa memanfaatkan temulawak dengan buah asem. caranya anda siapkan temulawak dan buah asem secukupnya serta gula aren sebagai tambahan. Rebus semua bahan yang tadi sudah di siapkan dengan 2 gelas air putih. Rebus sampai tersisa menjadi setengah. Setelah itu saring air rebusan tersebut, lalu inum lah ramuan tersebut.

  1. Leunca

Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi biduran. Anda hanya menyediakan leunca yang sudah dibersihkan. Kemudian anda tumbuk leunca tersebut samapai halus, lalu balurkan pada kulit yang terkena biduran. Lakukan dengan teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Daun Sirih

Daun sirih ini memang memiliki banyak manfaat dan salah satunya anda bisa mengatasi biduran dengan daun sirih. Caranya cukup mudah, pertama sediakan dauh siri yang sudah dibersihkan secukupnya. Kemudian rebus dengan air mendidih, setelah itu saring air rebusan tersebut dan minum ramuan tersebut.

  1. Minyak zaitun dan Minyak kayu putih

untuk mengatasi biduran anda juga bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak kayu putih. Caranya sangat nudah, anda hanya perlu menyediankan satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kayu putih lali campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Kemudian anda gunakan campuran minyak tersebut dengan cara mengoleskannya pada kulit yang terkena biduran.

Itu lah beberpa pengonatan yang dapat membantu anda mengatasi biduran. Lakukan pengobatan tersebut sampai biduran tidak terlihat lagi atau sembuh.

 Sumber: http://obattipesherbalalami.com/

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *