3 Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Tanaman Herbal

3 Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Tanaman Herbal

3 Cara Mengobati Batu Ginjal Dengan Tanaman Herbal

Tanpa basa basi langsung saja kita ketahui cara herbal mengobati batu ginjal tanpa efek samping dan aman untuk digunakan dan dilakukan di rumah Anda.

  • Pengobatan Batu Ginjal dengan Bunga Dandelion

Mungkin tidak banyak orang mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Tanaman bernama latin Taraxacum Officinale atau biasa di sebut dengan bunga dandelion. Jenis tanaman bunga yang memiliki warna kuning yang ketika kering akan menjadi putih halus.

Bunga dandelion merupakan salah satu bunga yang juga di gemari orang-orang, karena bunga ini menjadi incaran untuk siap diterbangkan angin atau hanya sekedar dijadikan untuk ditiup make a wish.

Anda bisa menemukan tanaman ini di dataran tinggi atau di dataran rendah. Dengan media tanah berupa tanah humus. Tanaman ini cukup tumbuh secara liar dan termasuk juga ke dalam kelompok tanaman bunga hias. Ada juga sebagian orang yang menanam tanaman ini langsung di tanah atau bahkan di dalam pot.

Fakta menarik lainnya yaitu tanaman dandelion ini dipercaya menjadi obat alternatif mengobati Batu ginjal. Hasil riset dari The University of Maryland Center, bahwa dalam bunga dandelion tinggi akan oksalat dan kalsium ang dapat menurunkan penyakit batu ginjal.

Pengobatan Batu Ginjal dengan Bunga Dandelion

Beberapa kandungan lain yang terdapat dalam bunga dandelion adalah asam oleat, flavonoid, kalsium, tanin, asam linoleat, beta karoten dan karbohidrat, serta vitamin B dan C. Dengan berbagai macam kandungan tersebut, memungkinkan bunga dandelion untuk dapat mengobati penyakit batu ginjal.

Hampir seluruh bagian dari bunga dandelion ini dapat dijadikan sebagai obat. Dari mulai daunnya bisa dijadikan alternatif salad yang memiliki kandungan vitamin yang berlimpah. Batangnya bisa digunakan untuk mengurangi masalah perut, memurnikan darah, mengatur metaboisme dan merangsang fungsi kantung empedu.

Bunga dandelion yang berwarna kuning juga banyak digunakan dalam campuran produksi wine. Serta daunna pun dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan.

Sedangkan akar dandelion ternyata mengandung klolin yang bersifat stimuli pada hati untuk membersihkan kolon. Adapaun cara mengolah akar bunga dandelion untuk mengobati penyakit batu ginjal bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini :

1. Siapkan beberapa daun dandelion yang kering
2. Keringkan akar dandelion yang telah di kupas dan di potong terlebih dahulu
3. Tunggu sampai mengering hingga menjadi rapuh
4. Siapkan panci yang berisi ait 2,5 ons serta telah ditambahkan sedikit garam
5. Lalu campurkan daun yang telah rapuh tersebut ke dalam panci
6. Tunggu hingga mendidih selama kurang lebih 20 menit, dan jangan lupa menutup pancinya
7. Jika sudah, saring ke dalam gelas dan minum
8. Konsumsikan ramuan ini 3 gelas sehari.

  • Mengobati batu ginjal dengan lemon

Lemon (Citrun limun) memiliki kombinasi nutrisi yang baik untuk mengalau berbagai penyakit salah satunya ialah batu ginjal. Para Ahli mengatakan, air perasan dari buah kuning ini dapat berkhasiat menyembuhkan kelainan ginjal, terutama batu ginjal.

Siapalah yang tidak kenal dengan buah kuning ini, tentunya orang-orang seluruh dunia pasti mengetahuinya. Lemon memiliki berbagai kandungan baik di dalamnya. Salah satunya asam sitrat lemon.

Sebagian besar batu ginjal ada yang besifat sementara dan ada juga mengusirnya harus dengan obat. Dengan minum perasan lemon, senyawa yang terkandung dalam asam sitrarat lemon dapat berupaya mencegah tumbuhnya batu ginjal. Anda dapat mengonsumsinya dalam sehari-hari cukup dua gelas saja.

Cara pembuatan lemon untuk pencegahan batu ginjal:

1. Siapkan beberapa buah lemon segar dan peras
2. Masukan dalam wadah dan campurkan dengan air lalu aduk
3. Konsumsi jus lemon ini sehari dua kali, pada pagi dan malam
4. Anda juga bisa mencampurkannya kedalam masakan Anda supaya dapat lebih lezat tentunya.

Di dalam jus lemon, terkandung asam sitrat dan vitamin C yang tinggi. Asam sitrat berkhasiat mengurangi kemungkinan seseorang terkena batu ginjal, sedangkan vitamin C berkhasiat memberikan perlindungan pada tubuh. Oleh karena itu, jus lemon ini sangat mendukung untuk pengobatan batu ginjal.

Untuk pengupayaan kesembuhan lebih tinggi, Anda juga bisa menambahkan jus lemon dengan cuka apel murni, madu alami tapi harus menggunakan air hangat, serta bisa tambahkan juga dengan minyak zaitun.

Sebenarnya, ada upaya untuk mencegah batu ginjal. Diantaranya:

1. Jangan lupa minum air putih secara cukup
2. Hindari zat-zat yang berpotensi menimbulkan batu ginjal, seperti protein hewani, zat oksalat, dan suplemen kalsium
3. Membatasi konsumsi makanan, jangan terlalu berlebihan
4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung zat oksalat, seperti ikan sarden, bayam, coklat, buah anggur, kacang-kacangan, ubi, teh hitam dan asparagus
5. Tetap konsumsi makanan berkalsium yang berfungsi merawat gigi dan tulang.

itulah cara mengobati batu ginjal dengan mengunakan buah lemon. Tentunya, setelah membaca artikel di atas, kita telah mengetahui upaya apa saja yang harus dihindari serta pencegahan terkena penyakit batu ginjal.

  • Manfaat kumis kucing untuk batu ginjal

Tebtunya Anda pasti tahu kan dengan tanaman yang satu ini ? Tamanan kumis kucing, karena faktanya memang benar bentuknya yang menyerupai kumis kucing. Juga merupakan tanaman asli dari Indonesia. Sebenarnya, tanaman ini berasal dari Afrika ang kemudian menyebar luar di berbagai benua seperti Asia dan Australia.

Tanaman ini biasa tumbuh di daerah tanah yang memiliki tingkat kegemburan, berhumus, subur, serta air dan udara yang cukup. Banyak penduduk di benua asia menggunakan tanaman ini untuk dijadikan obat herbal maupun diolah menjadi teh. Yang dikenal dengan teh java tisane.

Kenapa kumis kucing dijadikan menjadi teh dan obat herbal . Karena dalam kumis kucing banyak mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh. Diantaranya zat samak, kalium, mioinositol, sinensetin, saponin, dan minyak atsiri. Yang kendungan tersebut dipercaya dapat menyyembuhkan berbagai penyakit yang salah satunya ialah dapat mengobati penyakit batu ginjal.

Sebagian penduduk juga mempercayai teh java tisane tersebut dapat mengbati batu ginjal. Yakni suatu penyakit yang mengganggu kesehatan di saluran kemih dan biasa ditandai dengan rasa seperti mengeluarkan darah saat buang air kecil, sakit ketika buang air kecil, rasa nyeri yang sangat di bagian pinggang, Mual dan muntah, demam dan menggigil, serta perut kembung.

Mengobati Batu Ginjal dengan Kumis Kucing

Hasil dari sebuah penelitian di Asia tenggara, telah mengemukakan bahwa dari 40 penderita batu ginjal yang kemdian diberi teh tisane (terbuat dari tanaman kumis kucing) KUrang lebih selama 6 hari. Dan hasilnya 20 penderita tersebut mengatakan bahwa mereka sembuh dan telah merasakan kebebasan akibat dari ketidaknyamanan penyakit batu ginjal tersebut.

Dengan begitu, secara keseluruhan tanaman kumis kucing ini hampir semuanya dapat dijadikan sebagai obat. Mulai dari daun, batang serta bunganya. Dan salah satu bagian yang lebih banyak digunakan untuk pengobatan adalah daunnya. Hampir semua cara pengonsumsiannya dapat dilakukan dalam keadaan daun masih segar sampai daun yang telah mengering.

Adapun beberapa manfaat kumis kucing untuk batu ginjal diantaranya :

  • Anti hipertensi dalam kumis kucing dapat mengobati masalah ginjal dan kantung kemih
  • Dapat meningkatkan aliran urin
  • Merelaksasikan otot-otot dinding pembuluh internal
  • Anti inflamasi atau mengurangi pembengkakan
  • Anti mikrobanya bermanfaat untuk pembilasan batu ginjal dan batu empedu.

Nah, itulah sekilas artikel tentang manfaat bunga dandelion, lemon dan kumis kucing untuk mengobati masalah penyakit batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://obattipesherbalalami.com

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *